Wabup kasta menyambut Kedatangan Tim Kerja Kemenkopolhukam Republik Indonesia

  • 16 Maret 2017
  • Dibaca: 115 Pengunjung
Wabup kasta menyambut Kedatangan Tim Kerja Kemenkopolhukam Republik Indonesia

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Kepala Polisi Resort Klungkung AKBP FX. Arendra Wahyudi menerima Kunjungan Kerja Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) dipimpin Kepala Bidang Materi Wawasan Kebangsaan Asisten Deputi Koordinasi Wawasan Kebangsaan Republik Indonesia Yulizar Gaffar bertempat di ruang rapat Nusa Penida Kantor Polisi Resort Kabupaten Klungkung, Rabu (15/3).

Wakil  Bupati I Made Kasta dalam sambutannya menyampaikan tentang Struktur Geografis Kabupaten Klungkung, Kabupaten Klungkung walaupun memiliki wilayah yang kecil tetapi mampu menjaga sikap toleransi antar umat beragama. Wabup Kasta juga menyampaikan bahwa Klungkung sudah membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Cara Pemerintah Kabupaten Klungkung menyelesaikan suatu permasalahan yang dialami antar umat beragama adalah dengan mengedepankan musyawarah untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Di Kabupaten Klungkung, Koordinasi antara Eksekutif dan legislatif berjalan sangat baik. Forum Wawasan Kebangsaan memang belum dibentuk di Kabupaten Klungkung, tetapi kegiatan-kegiatan dari Wawasan Kebangsaan tersebut sudah dilaksanakan pemerintah daerah, Polres Klungkung, dan Kodim 1610 Klungkung. Dari Kodim 1610 Klungkung dengan mengadakan Mimbar Merah Putih yang dapat menampung aspirasi dan harapan tentang wawasan Kebangsaan para generasi muda di Kabupaten Klungkung, mengingat pemahaman tentang wawasan Kebangsaan yang dimiliki masyarakat masih lemah. sedangkan dari Kepolisian Kabupaten Klungkung sudah melakukan mengumpulkan semua ormas yang berasal dari tokoh masyarakat, dari tokoh keagamaan di Kabupaten Klungkung dalam rangka menekan terjadinya tindak radikalisme dan intolerasime. Wabup Kasta berharap dengan adanya koordinasi antara Pemerintah Daerah dengan Kodim 1610 Kabupaten Klungkung, Polres Klungkung, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Kabupaten Klungkung dapat mencegah terjadinya aksi Radikal dan intoleransi di kabupaten Klungkung. Pemerintah Juga mengajak Majelis Alit dan Majelis Madya kabupaten Klungkung untuk membantu menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Kabupaten Klungkung. Wakil Bupati Made Kasta menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Klungkung bekerjasama dengan Majelis Alit, Majelis Madya dan Kepolisian Kabupaten Klungkung sudah membuat MoU dengan menyisipkan masalah narkoba ke dalam pararem-pararem desa diwilayah Kabupaten Klungkung, guna mengurangi peredaran dan pemakaian narkoba di Wilayah Kabupaten Klungkung.

Dalam Sambutan Ketua Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan dipimpin Kepala Bidang Materi Wawasan Kebangsaan Asisten Deputi Koordinasi Wawasan Kebangsaan Republik Indonesia Yulizar Gaffar menyampaikan tentang Struktur organisasi di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, dan kementerian-kementerian yang bekerja sama dengan Kemenkopolhukam, serta tentang contoh perbuatan yang tidak mencerminkan wawasan berkebangsaan yang baik, seperti tawuran, menduduki patung pahlawan dan lain-lainnya, serta tentang Pancasila. Kepala Bidang Materi Wawasan Kebangsaan Asisten Deputi Koordinasi Wawasan Kebangsaan Republik Indonesia Yulizar Gaffar juga menyampaikan Kemenkopolhukam tidak hanya datang ke wilayah-wilayah yang perlu pembenahan tetapi juga mendatangi wilayah-wilayah yang sudah dinilai baik seperti Kabupaten Klungkung. Kunjungan kerja Kunjungan Kerja Tim Kementerian Kemenkopolhukam dalam rangka Penyusunan kebijakan Pemantapan Wawasan Kebangsaan. Yulizar Gaffar juga mengatakan tanamkan jiwa saling pengertian untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama sehingga dapat tercipta kedamaian dan bina generasi muda ke hal-hal yang bersifat positif dan cegah penggunaan narkoba dikalangan generasi muda.

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota Kesbang Kemenkopolhukam Drs. Rahmat dan Syaeful Islam, Kepala OPD Kabupaten Klungkung dari Instansi Terkait, serta undangan terkait lainnya. Diakhir Acara Kunjungan Kerja tersebut dilaksanakan pertukaran cinderamata dari Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia yang diwakilkan ketua Tim Yulizar Gaffar dengan Pemerintah Kabupaten Klungkung diwakilkan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. (DiskominfoKlk)

Komentar Anda

Berita Terkait Lainnya

Berita Lainnya