UPT Puskesmas Banjarangkan 1 Mewakili Kab. Klungkung lomba FKTP Tingkat Provinsi

  • 14 Juli 2017
  • Dibaca: 788 Pengunjung
 UPT Puskesmas Banjarangkan 1 Mewakili Kab. Klungkung lomba FKTP Tingkat Provinsi

Upt Puskemas Banjarangkan 1 mewakili Kabupaten Klungkung dalam rangka penilaian lapangan lomba Fasilitas Kesehtan Tingkat Pertama (FKTP) tingkat provinsi tahun 2017. Penilaiam ini diadakan agar puskesmas  terpacu untuk meningkatkan kulaitasnya, karena puskesmas merupakan penggerak pembangunan kesehatan, dan juga sebagai upaya kesehatan masyarakat yang mengedepankan promotif dan preventif sehingga penurunan angka kematian dan kesakitan bisa tercapai.

Dalam kegiatan, tim penilai FKTP disambut dengan senam lansia dan pameran dari kelompok wanita tani (KWT) Desa Tusan yang memamerkan beberapa olahan tradisional diantaranya jamu cemcem atau biasa disebut Loloh cemcem, minyak kelapa dan barang seni lainnya.

Karena Bupati Klungkung masih diluar daerah, Asisten 1 bidang pemerintahan dan Kesra Ida Bagus Sudarsana yang didisposisi guna mendampingi ketua tim penilai Dr. Made Laksmiwati. Selain itu juga turut hadir Kepala Puskesmas Dr. I wayan Agus Arisnawan, perwakilan dari Dinas Kesehatan dan FKPC Banjarangkan.

Ketua Tim Penilai Provinsi Dr. Made Laksmiwati dalam sambutanya menyampaikan jumlah tim penilai yang datang ke UPT Puskesmas Banjarangkan 1 adalah sebnayak 22 orang. Penilaian FKTP berprestasi merupakan salah satu upaya membangun semangat puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang berbudaya kerja bagi puskesmas. Keberhasialan puskesmas sangat dipengaruhi oleh berbagai pihak baik internal dan eksternal. Dari pihak internal yaitu bagaimana petugas puskesmas mampu melaksanakan 3 fungsi puskesmas yakni upaya kesehatan perorangan, upaya kesehatan masyarakat serta ditunjang administrasi dan manajemen puskesmas. Sedangkan dari segi eksternal yaitu peran dari Dinas Kesehatan kabupaten serta lintas sektor terkait untuk melakukan pembinaan dalam rangka peningkatan mutu dan kinerja puskesmas serta masyarakat diwilayah puskesmas. “Keberhasilan puskesmas tentunya akan terlihat dari menurunnya angka kematian dan kesakitan di wilayah puskesmas tersebut,” ujar Dr. made Laksmiwati

Sementara itu dalam sambutan Bupati Klungkung yang dibacakan Ida Bagus Sudarsana, sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam rangka mempersiapkan UPT Puskesmas Banjrangkan 1 sebagai duta Kabupaten Klungkung dalam lomba FKTP tingkat provinsi tahun 2017 disertai harapan menjadi yang terbaik. Tim penilai FKTP juga diharapkan memberikan penilaian yang se-obyektif mungkin serta memberikan pembinaan-pembinaan kepada petugas di puskesmas sehingga aka nada upaya perbaikan untuk meningkatkan mutu dan kinerja puskesmas. Sehingga apapun yang masih ada kekurangan di puskesmas kedepan bisa menjadi lebih baik, baik dari kinerja, pelayanan maupun administrasi manajemen puskesmas.

Sebelum tim penilai melakukan penilaian, kepala Puskesmas Dr. I wayan Agus Arisnawan memaparkan profile UPT Puskesmas Banjrangkan 1, selain itu inovasi-inovasi yang ada di puskesmas semoga bisa menjadi pertimbangan saat penilaian dilakukan.

Komentar Anda

Berita Terkait Lainnya

Berita Lainnya