Pemkab Klungkung Nganyarin Di Pura Ulun Danu Batur

  • 16 Oktober 2017
  • Dibaca: 162 Pengunjung
Pemkab Klungkung Nganyarin Di Pura Ulun Danu Batur

Pemerintah Kabupaten Klungkung ngaturang Bakti Penganyar (Nganyarin) di Pura Tri Kahyangan Jagat Hulundanu Batur, Desa Pekraman Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli, minggu (15/10/2017). Bakti Penganyar merupakan rangkaian upacara Ngusaba Kapat di Pura Hulundanu yang puncaknya  jatuh pada Purnamaning Sasih Kapat, 5 Oktober 2017 lalu. Rombongan Pemkab Klungkung dipimpin oleh Bupati I Nyoman Suwirta didampingi Wakil Bupati I Made Kasta dan diikuti oleh Jajaran Organisasi Perangkat Daerah OPD. Kegiatan nganyarin di Pura ini merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Klungkung pada setiap upacara Ngusaba Kapat.

Selain rombongan pemkab Klungkung, persembahyangan juga diikuti sejumlah pemedek yang berasal dari masyarakat umum. Prawartaka (Panitia) Panca Wali Krama, Jro Lanang mengatakan rangkaian upacara Ngusaba Kapat telah dimulai sejak 17 September 2017 lalu dengan sejumlah acara seperti Paku Agem, mekarya wewangunan, ngadegang sesantun, mecaru, nanceb sunari dan prosesi lainnya. Puncak upacara telah berlangsung pada Wrespati Pon Wariga bertepatan pada Rahina Punama Sasih Kapat (5/10/2017). Selanjutnya dari 6 s/d 14 Oktober 2017 dilaksanakan upacara bakti penganyar oleh masing masing Pemerintah Kabupaten Kota Se-Bali dan ditutup dengan bakti penyineban pada tanggal 15 oktober 2017.

Bakti Penganyar Pemkab Klungkung dipuput oleh Ida Pedanda Gede Wayahan Keniten Griya Tengah Bendul. Acara Persembahyangan berlangsung khidmat dengan tiga tahapan persembahyangan yaitu Puja Tri Sandhya, Panca Sembah dan Nunas Tirta lan Bija.Sebagai wujud bakti dan sumbangsih dalam pelaksanaan  Karya Ngusaba Kapat Pura Ulun Danu Batur, Bupati Suwirta menghaturkan Dana Punia yang diterima Ketua Panitia Jro Lanang.(DiskominfoKlk)

Komentar Anda

Berita Terkait Lainnya

Berita Lainnya