Tinjau Stok Beras di KUD Jaya Werdi, Bupati Harapkan KUD Beli Gabah Ke Petani

  • 27 Mei 2016
  • Dibaca: 887 Pengunjung
Tinjau Stok Beras di KUD Jaya Werdi, Bupati Harapkan KUD Beli Gabah Ke Petani

Guna mengetahui   kesiapan KUD yang telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam pendistribusian  beras lokal, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta  meninjau stok  beras lokal di KUD Jaya Werdi Takmung, Kecamatan Banjarangkan Kamis (26/5/2016). Dalam kegiatan ini Bupati  didampingi Manager KUD  Jaya Werdi Takumung,I Nyoman Landra dan Pengurus KUD, I Made Kantin .

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam pendistribusian beras lokal diwakili oleh tiga Koperasi Unit Desa (KUD) yang ada di Kabupaten Klungkung,  antara lain KUD Jaya Werdhi Takmung Kecamatan Banjarangkan KUD Panca Satya Dawan dan KUD Artha Wiguna Gelgel. Dipilihnya KUD sebagai pendistribusi beras lokal adalah karena KUD merupakan badan usaha berbadan hukum yang  dinaungi Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan sehingga  bisa diatur.

Di samping itu, terkait pemilihan KUD sebagai mitra dalam pendistribusian beras lokal ini, Bupati Suwirta menyatakan, “Karena KUD atau Koperasi secara umum merupakan badan usaha yang mementingkan kesejahteraan masyarakat”.

Dari hasil peninjauan di KUD Jaya Werdi Takumung, stok beras lokal  yang ada sampai saat ini masih aman. KUD Jaya Werdhi Takmung mampu mendistribusikan beras lokal sebanyak 13 ton 763 kg setiap bulan dan untuk stok gabah kering giling sebanyak 37 ton. Lebih lanjut  Bupati Suwirta menegaskan  kepada pengurus KUD  agar  membeli gabah ke petani dan  mendukung gerakan atau program yang berguna bagi para petani.

“Beras yang dihasilkan oleh petani agar bisa dibeli oleh masyarakat di kabupaten Klungkung guna meningkatkan kesejahteraan para petani melalui program penguatan ketahanan pangan sehingga bisa bermanfaat terutama bagi para petani,” ujar Bupati Suwirta.

Komentar Anda

Berita Gema Santi Terkait Lainnya

Cari Berita Gema Santi Lainnya