Goa Lawah, Istana Para Kelelawar

  • Dibaca: 2660 Pengunjung
Goa Lawah, Istana Para Kelelawar

Perjalanan kita di Klungkung kali ini akan mengunjungi sebuah Goa yang berada di sebelah timur Kota Semarapura yaitu obyek Wisata Goa Lawah. Lawah sendiri artinya kelelawar, jadi Goa Lawah merupakan goa yang dihuni oleh ribuan kelelawar pemakan buah. Disini juga berdiri sebuah pura yang dibangun pada abad ke-11 yang merupakan pura Sad Kahyangan (Kahyangan Jagat), tempat memuja Tuhan dengan manifestasiNYA sebagai Dewa Baruna, penguasa lautan.

Pura Goa Lawah terletak di desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, 10 km timur kota Semarapura Klungkung dan sekitar 50 km dari Denpasar. Tidak sulit mencari obyek wisata ini karena berada di jalur menuju Karangasem dan terdapat 3 obyek wisata yang bisa anda nikmati yaitu Goa, Pura dan Pantai.

Goa lawah merupakan sebuah goa alami terletak di sebuah bukit karang yang bernama Bukit Tengah. Goa Lawah ini dalam beberapa bukti sejarah disebutkan memiliki hubungan dengan Goa Raja di Komplek Pura Besakih, yaitu kedua Pura ini dihubungkan oleh goa tersebut.

Diatas Goa tumbuh pohon besar yang sangat rimbun dan dimulut goa berdiri pelinggih yang menambah keagungan Pura Goa Lawah,  dan dengan ribuan kelelawar  yang bergelantungan di langit-langit gua tidak salah Pura Goa Lawah bagaikan  istana para kelelawar. Untuk Sejarah Goa Lawah bisa dibaca disini.

Komentar Anda

Wisata Lainnya

Berita Lainnya