image image

DAFTAR ARTIKEL: Klungkung Kini

Bupati Klungkung, akan segera merealisasikan sebuah Balai Latihan dan Pemberdayaan

Senin, 1 April 2019

Bupati Klungkung, segera akan merealisasikan sebuah Balai Latihan dan Pemberdayaan dengan memanfaatkan lahan dan gedung TK Hindu Dharma Widya di Banjar Siku, Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung. TK Hindu Dharma Widya memiliki luas delapan are, terdiri dari dua buah gedung yang dibagi menjadi tujuh kelas serta tiga buah bangunan untuk mes guru. TK yang kini memiliki siswa sebanyak 40 orang ini nantinya akan digabung dengan TK Negeri Kamasan yang saat ini memiliki siswa sebanyak 100 orang dengan memanfaatkan lokasi di bekas gedung SDN 4 Kamasan dengan luas lahan sekitar 20 are. Balai Latihan dan Pemberdayaan yang berada dibawah Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung ini nantinya akan difokuskan untuk melatih para lansia dan penyandang disabilitas. Produk-produk yang dihasilkan akan dicarikan pasar untuk dijual. Bupati menyatakan untuk Perencanaan akan dipasang pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2019 sehingga Tahun Anggaran 2020 Balai Latihan dan Pemberdayaan tersebut bisa direalisasikan. SALAM GEMA SANTI (Humas Klungkung)

Baca Selengkapnya

Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Penganyar di Pura Dangkahyangan Rambut Siwi

Minggu, 31 Maret 2019

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan ngaturang bakti penganyar merupakan kewajiban Pemkab Klungkung dalam memperkokoh spiritual umat serta wujud syukur dan srada bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Ida Bhatara ring Pura Rambut Siwi. Bupati Suwirta berharap Pemkab Klungkung senatiasa diberikan keselamatan dan kerahayuan serta diberikan tuntunan untuk melaksanakan tugas serta menyejahterakan masyarakat. “Penganyar ini diharapkan mampu menciptakan kerahayuan jagat Klungkung dan Bali pada umumnya,” ujar Bupati Suwirta yang hampir selalu ikut hadir dalam setiap pelaksanaan bakti penganyar bersama rombongan Pemkab Klungkung. Sementara itu, panitian Pengempon Pura Dangkahyangan Rambut Siwi, I Gusti Made Sedana mengatakan dalam rangkaian Pujawali Pura Dangkhayangan Rambut Siwi ini, ida bathara nyejer selama liam hari dimulai Buda Umanis Prangbakat, Rabu 27 Maret sampai hari Redite Kliwon Bale, Minggu 31 Maret hari ini dilakukan upacara penyindeban pukul 00.00 Wita nanti, juga akan diiringi pementasan tari Topeng Sidakarya dan Pependetan. Lebih lanjut ia mengatakan, karya pujawali ini dilaksanakan oleh dua kecamatan yakni Kecamatan Mendoyo dan Kecamatan Pekutatan yang dibagi menjadi Kecamatan Pekutatan sebanyak 13 Desa Pakraman dan Kecamatan Mendoyo sebanyak 19 Desa Pakraman. Bakti Pengayar Pemkab Klungkung dipuput Ida Pedanda Istri Griya Manis Tutu. Persembahyangan penganyar juga dihadiri ribuan umat sedharma yang silih berganti memenuhi areal utamaning mandala. Seusai melaksanakan persemabahyangan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan dana punia kepada Panitia Karya. SALAM GEMA SANTI (Humas Klungkung)

Baca Selengkapnya

Pementasan Klungkung Menari di depan Monumen Puputan Klungkung.

Sabtu, 30 Maret 2019

Pementasan Klungkung Menari di depan Monumen Puputan Klungkung. Klungkung Menari, adalah salah satu program inovasi Pemkab Klungkung untuk melestarikan seni dan budaya yang diselenggarakan setiap akhir pekan pada akhir bulan. Pementasan kali ini diisi dari Pesraman Pradnya Sita Asrama, Desa Pakraman Tegak, Kecamatan Klungkung. Mereka menampilkan Tari Panyembrama dan Fragmentari dengan judul Lampahing Brahmana Keling, yang mana tersimpan pesan agar Umat Hindu dalam melakukan Yadnya harus dengan berdasarkan Tiga Kerangka Agama Hindu, yakni Tatwa, Susila, dan Upacara. SALAM GEMA SANTI (Humas Klungkung)

Baca Selengkapnya

I Made Kasta memimpin aksi pembersihan saluran irigasi yang melalui tiga subak

Minggu, 31 Maret 2019

I Made Kasta memimpin aksi pembersihan saluran irigasi yang melalui tiga Subak yakni Subak Dawan, Pesinggahan dan Subak Kusamba Kecamatan Dawan. Saluran irigasi ini tersumbat rerimbunan pohon bambu dan kayu besar. Akibatnya lahan sawah di Subak Dawan dan Subak Pesinggahan tergenang. Petani tidak bisa menanami lahannya dengan padi ataupun palawija. Hanya ada pohong kangkung liar yang menumbuhi lahan mereka. Dengan dilakukannya pembersihan ini diharapkan air tidak lagi tergenang dan bisa mengalir normal kebagian hilir sehingga petani bisa mengolah kembali lahan sawahnya. Turut hadir dalam kegiatan ini Kadis Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida, Camat Dawan, A.A Gede Putra Wedana, BPBD Klungkung, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Dawan, anggota TNI serta krama Subak setempat. SALAM GEMA SANTI (Humas Klungkung)

Baca Selengkapnya

Pemerintah Kabupaten Klungkung Muspayang Bakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur,Kecamatan Kintamani

Sabtu, 30 Maret 2019

Pemerintah Kabupaten Klungkung Muspayang Bakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli. Hadir Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama Ny. Sri Kasta, Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra dan jajaran OPD Pemkab Klungkung. Penganyar dilaksanakan serangkaian Pujawali/Ngusaba Kedasa yang puncaknya jatuh pada Rahina Buda Wage Menail/Purnama Sasih Kedasa, Rabu (20/3/2019). Dumogi sami memargi antar lan ngemolihang kerahayuan... SALAM GEMA SANTI (Humas Klungkung)

Baca Selengkapnya

Bupati Klungkung menghadiri sekaligus mengisi sosialisasi tentang Pencegahan Konflik Sosial

Jumat, 29 Maret 2019

Bupati Klungkung,menghadiri sekaligus mengisi sosialisasi tentang Pencegahan Konflik Sosial oleh Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Klungkung Tahun 2019 di Balai Banjar Mergan, Kelurahan Semarapura Klod, Kecamatan Klungkung. Menurut Bupati, untuk menghindari konflik lebih banyaklah berbicara tentang kedamaian dan jangan selalu mengganggap orang lain selalu salah. Berbicara konflik, sumber-sumber konflik sangat banyak, mulai dari adat, ekonomi, pendidikan, politik termasuk sumber konflik dijaman milenial saat ini yakni media sosial. Kabupaten Klungkung memiliki spirit GEMA SANTI atau Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif yang perlu ditanamkan agar kedamaian itu selalu muncul dari diri kita sendiri. SALAM GEMA SANTI (HUMAS KLUNGKUNG)

Baca Selengkapnya

Penyerahan piala juara umum yang diraih TP PKK Kabupaten Klungkung.

Jumat, 29 Maret 2019

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta bersama Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta, Wakil Ketua 3 Ny. Mariati Winastra dan rombongan menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke - 47 Provinsi Bali Tahun 2019 dan sekaligus penyerahan piala juara umum yang diraih TP PKK Kabupaten Klungkung. Bertempat di Gedung Kesian DR Ir Sukarno, Kabupaten Jembrana, Jumat (29/3). Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Klungkung menerima hadiah Juara Umum dalam lomba Jambore HKG Tingkat Provinsi 2019 yang sudah berlangsung pada tanggal 13 Maret 2019 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Centre Denpasar. Adapun jenis lomba yang dimenangkan oleh TP PKK Klungkung diantaranya, Juara 1 Lomba yel-yel 10 Program Pokok PKK, juara 1 lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang dalam keluarga, juara 1 lomba penyuluhan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK dan juara 1 lomba gembira (merias wajah dengan mata tertutup). SALAM GEMA SANTI (HUMAS KLUNGKUNG)

Baca Selengkapnya

Bupati Klungkung, menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2019

Jumat, 29 Maret 2019

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2019 tingkat Provinsi Bali di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura. Pers sangat berperan dalam menginformasikan segala pembangunan di Kabupaten Klungkung. Menurut Bupati Suwirta tema peringatan, Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital, saat ini sangat tepat karena basis perekonomian ada di rakyat. Dengan dibantu informasi yang disebarkan oleh media, maka peluang-peluang dalam industri perekonomian bisa ditangkap masyarakat. Bupati berharap PWI Bali kedepan terus menciptakan wartawan profesional, dan tetap berpedoman pada kode etik wartawan serta dapat meningkatkan kerjasama yang lebih baik lagi antara Wartawan dengan Pemerintahan. Dirgahayu Pers Nasional... SALAM GEMA SANTI (HUMAS KLUNGKUNG)

Baca Selengkapnya

I Nyoman Suwirta menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Tabalong, untuk mengetahui inovasi (TOSS)

Jumat, 29 Maret 2019

I Nyoman Suwirta menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Pemkab Tabalong melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Rowi Rawatianice, MT, melakukan kunjungan untuk mengetahui inovasi Pemkab Klungkung bidang pengelolaan sampah, yakni Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS). Metode ini telah diakui nasional, bahkan masuk kedalam TOP 40 Inovasi tingkat nasional tahun 2018. Dari Klungkung untuk Indonesia… SALAM GEMA SANTI (HUMAS KLUNGKUNG)

Baca Selengkapnya

I Made Kasta turun melakukan pengecekan tersumbatnya saluran irigasi di Subak Dawan dan Pesinggahan

Kamis, 28 Maret 2019

Puluhan hektar sawah di Kecamatan Dawan terancam. Hal ini menyusul tersumbatnya saluran irigasi yang mengakibatkan sawah di Subak Dawan dan Subak Pesinggahan terendam. Akibatnya, para petani tidak bisa melakukan penanaman padi maupun palawija. Mendapat laporan tersebut, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta turun melakukan pengecekan bersama Kadis Pertanian Ida Bagus Juanida dan Kabid Sumber Daya Air Dinas PU Klungkung, I Made Jati Laksana. Wabup ingin melihat langsung kelokasi dimana aliran irigasi itu tersumbat. Namun karena terhalang rerimbunan pohon dan ilalang, Wabup menunda penelusuran dan memastikan akan turun bersama krama subak untuk mengecek langsung pada Minggu (31/3/2019) mendatang. Sementara itu, terkait jebolnya dinding penahan tanah jalan By Pass Ida Bagus Mantra wilayah Kecamatan Dawan yang menimbun persawahan dan saluran irigasi, Wabup berharap kejadian ini segera mandapat penanganan dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional sehingga tidak mengganggu aktifitas para petani di Subak Sampalan Baler Margi yang sudah memasuki masa tanam akhir bulan ini. SALAM GEMA SANTI (HUMAS KLUNGKUNG)

Baca Selengkapnya