image image

Bupati Klungkung,mencoba tour wisata off road Merapi di Provinsi DIY.

Senin, 27 Januari 2019 | Klungkung News

Minggu, 27/1/2019.....*

Pemkab Klungkung Siapkan Wisata Adventure

Memiliki daerah perbukitan dengan pemandangan alam yang menarik, Pemkab Klungkung siap kembangkan wisata adventure di wilayahnya. Ide tersebut muncul saat Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mencoba tour wisata off road Merapi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Bupati Suwirta, selain budaya, laut dan terumbu karang, Kabupaten Klungkung memiliki wilayah yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata adventure seperti di Yogyakarta. Seperti kawasan bukit tengah dan bukit abah di Kecamatan Dawan dan kawasan menuju Puncak Mundi di Kecamatan Nusa Penida. Kawasan dengan kontur perbukitan ini bisa dikemas menjadi destinasi wisata adventure yang dilengkapi dengan kendaraan off road. "Kita memiliki kawasan yang hampir sama yang bisa dikembangkan seperti di Yogyakarta," kata Suwirta Minggu (26/1/2019).

Orang nomor satu di Pemkab Klungkung ini menyatakan, dalam mengembangkan daerah perlu mencoba mengkonsep destinasi wisata baru, sehingga wisatawan yang datang ke Klungkung tidak cepat jenuh. Selain itu, dengan adanya konsep dan pengembangan destinasi wisata baru akan menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. "Belajar dari sini saya akan mengajak masyarakat khususnya pegiat pariwisata untuk membahas ini," ujarnya.

Memulai sesuatu yang baru memang tidak mudah. Beragam tanggapan muncul di masyarakat. Untuk itu, menurut Bupati dalam membuat konsep harus dilakukan dengan duduk bersama, untuk mengembangkan daerah dengan daya tarik yang dimiliki. "Dalam membuat konsep kita harus kumpul bersama-sama untuk mengembangkan daerah kita," pungkasnya.

Sementara itu, Pemkab Klungkung di tahun 2019 ini berencana akan melakukan pengembangan terhadap tujuh Destinasi wisata, yakni Pantai Atuh di Desa Pejukutan, Pantai Swehan dan Bukit Teletubies di Desa Tanglad, Pantai Broken Beach dan Tebing Klingking di Desa Bunga Mekar. Serta Tirta Harum di Desa Nyalian dan Tirtha Dedari di Desa Getakan, Banjarangkan. (Humas Klungkung)