image image

Bupati Klungkung dan Ketua TP PKK ,menyambut kedatangan rombongan PKK

Rabu, 4 Pebruari 2019 | Klungkung News

Senin, 4/2/2019.....*

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta menyambut kedatangan rombongan PKK Provinsi Bali dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster dalam rangka Kegiatan harmonisasi dan sinkronisasi Gerakan PKK tahun 2019 di Balai Desa Tohpati Kecamatan Banjarangkan pada Senin (04/02/2019).

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster dalam sambutannya Menyampaikan pada saat kunjungan kerja ke kabupaten Klungkung, tepatnya ke Desa Tohpati, dengan tujuan memperkenalkan Program PKK yakni Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK, yang selama ini hanya diterapkan di beberapa rumah saja, belum diterapkan di semua rumah. “Saya harap melalui Program ini dapat membantu terwujudnya visi misi Gubernur Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, ujar Ny. Putri Suastini Koster.

Lebih lanjut Ny. Putri Suastini Koster menyampaikan Selain mengajak masyarakat bali dalam menata keindahan taman atau halaman rumah, Program ini juga bermanfaat bagi masyarakat, dengan cara menanam tanaman yang bermanfaat nantinya, misalnya tanaman untuk keperluan bahan memasak, tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan jenis tanaman lainnya, dan melalui HATINYA PKK diharapkan dapat membantu menekan inflasi daerah dengan menanam tanaman seperti cabai dan tanaman lainnya.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster sangat bahagia dalam melakukan Kunjungan Kegiatan kali ini. “Saya sangat bahagia ketika mengadakan kunjungan kerja pada hari ke-9 ini, ternyata masyarakat Klungkung beruntung mempunyai pemimpin yang begitu peduli terhadap hal-hal yang mendasar yang dibutuhkan oleh masyarakatnya dan Bapak Bupati Klungkung satu-satunya kepala daerah yang hadir dari 9 kali saya melakukan kegiatan yang seperti ini”, ujar Ny. Putri Suastini Koster dengan rasa kagum.

Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, menyatakan menyambut baik Kegiatan Program PKK Provinsi yakni HATINYA PKK, dari empat kecamatan, dimana masing-masing kecamatan akan mempunyai satu rumah contoh hatinya PKK, dan Tim Penggerak PKK akan selalu berkoordinasi dengan Bupati Klungkung untuk dapat membantu mewujudkan Program Hatinya PKK di masing-masing Desa di Kabupaten Klungkung. “Agar Rumah Percontohan yang ada di Desa Tohpati ini dapat dijadikan contoh dan diterapkan di Desa masing-masing”, harap Ny. Ayu Suwirta kepada Tim Penggerak PKK Desa Se-Kabupaten Klungkung. 
Ny. Ayu Suwirta menyampaikan Program PKK Kabupaten Klungkung kedepannya, akan segera membentuk Koperasi yang nantinya akan khusus digunakan untuk keperluan anggota PKK Kabupaten Klungkung, salah satu fungsinya antara lain simpan pinjam dan lain sebagainya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan akan mensinergikan Program PKK Provinsi ini ke Kecamatan bahkan Desa yang ada di Kabupaten Klungkung dan membantu pendanaan untuk penerapan Program PKK Provinsi di Kabupaten Klungkung. Bupati Suwirta meminta kepada Perangkat Desa dan TP PKK SeKabupaten Klungkung untuk melihat ke Rumah Percontohan kemudain Mensosialisasikan ke Masyarakatnya di Desa agar menerapkan Program HATINYA PKK di halaman atau taman rumahnya.

Sebelum memulai kegiatan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Sebelum kegiatan dimulai, kegiatan diisi dengan pemberian makanan tambahan secara simbolis kepada masyarakat Desa Tohpati, dan Penyerahan secara simbolis seperti bibit dan dana bantuan Program HATINYA PKK kepada Ketua TP PKK Desa Tohpati Ni Nengah Merta. Pada akhir acara rombongan PKK Provinsi Bali dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta dan undangan terkait lainnya mengadakan pemotongan pita peresmian Rumah Percontohan Program HATINYA PKK, kemudian dilanjutkan Penanaman tanaman dan berkeliling Rumah Percontohan, dan usaha Kecil Rumah Tangga berupa pembuatan jajan Uli, dan kelompok usaha desa lainnya.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Kabupaten Klungkung Wayan Suteja dan Camat Banjarangkan Ida Bagus Ketut Mas Ananda serta Undangan terkait lainnya.

SALAM GEMA SANTI (Humas Klungkung)