image image

Bupati Suwirta Pertajam Program Pendidikan

Senin, 19 Januari 2019 | Klungkung News

Tingkatkan Kwalitas dan Kwantitas Pendidikan, Bupati Suwirta Pertajam Program Pendidikan

Guna meningkatkan kwalitas dan kwantitas pendidikan di kabupaten Klungkung, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta telah mendorong jajarannya untuk menciptakan program program inovatif. Untuk mempertajam program tersebut Bupati Suwirta mengumpulkan seluruh insan Pendidikan, mulai dari kepala sekolah TK, SD hingga SMP di Rumah Dinas Bupati, Sabtu (19/1/2019). Menurut Bupati Suwirta kwalitas merupakan mutu dari pendidikan sedangkan kwantitas merupakan angka lama mengenyam pendidikan disekolah.

Selama ini Dinas pendidikan Klungkung telah melaksanakan sejumlah program invatif, namun Bupati Suwirta meminta output dan outcome program tersebut harus jelas. Seperti program Laboratorium Pendidikan Karakter (Lapender), namun Bupati Suwirta menginginkan supaya ada aplikasi khusus untuk mengukur keberhasilan dari program tersebut.

Sementara untuk menuntaskan buta aksara di Klungkung secara drastis, para guru ditugaskan untuk melaksanakannya ketika libur sekolah. Kegiatan ini supaya dilakukan secara sukarela dan dengan system jemput bola, dengan tempat pelaksanaan dilakukan di banjar setempat. “Jika dengan menggunakan dana APBD maka angka penurunan buta aksara hanya bisa diturunkan sedikit, maka selanjutnya diharapkan kegiatan ini dilakukan secara rutin dan secara sukarela oleh para guru dengan demikian penurunan angka buta akasa akan lebih besar dan cepat.

Untuk angka partisipasi kasar (APK) nantinya anak anak TK akan diajarkan mandiri sejak kecil dimana para orang tua tidak akan mengantarkan anaknya ke sekolah, namun akan dijemput oleh mobil akngkutan TK. “Semua sekolah harus mulai berpikir inovasi bahkan sangat mungkin menciptakan inovasi dalam inovasi. Kita harapkan semua sekolah berinovasi yang memperbaiki output dan meningkatkan outcome.”ujarnya.

Sementara itu Kadis Pendidikan Dewa Gede Darmawan dalam kesempatannya mengatakan, magsud kedatangannya mengahadap Bupati Suwirta adalah untuk memohon petunjuk, pedoman, bimbingan serta motivasi mengenai upaya peningkatan kwalitas dan kwantitas pendidikan melalui program inovasi.

Dirinya mengaku, sejumlah program yang telah dirancang tersebut perlu lebih dipertajam lagi sehingga mehingga memberikan output dan potcome yang jelas. Beberapa program dari Dinas pendidikan diantaranya ; Bakti Kumara Desa dengan program ini nantinya satu desa terdapat satu TK Negeri. Tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi belajar masyarakat untuk anak setingkat TK yang mana saat ini baru mencapai 61 %. Karena pendidikan TK merupakan pondasi kuat untuk pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Pendidikan TK sangat penting karena 100% murni pendidikan karakter, untuk itu wajib anak anak untuk mengenyam pendidikan TK.

Program Peningkatan pendidikan Karakter (Lapender), melalui kegiatan pembelajaran yang menyenangkan ini, diharapkan pendidikan karakter akan berkontribusi dalam peningkatan prestasi pendidikan maupun olah raga. Program ini memanfaatkan objek objek wisata sebagai tempat belajar. Secara tidak langsung program Pendidikan ini akan ikut menopang sector pariwisata daerah lewat atrakasi Wisata Pendidikan.

Program Inovasi Gerakan Pembentukan Kelas Manajeman Prestasi Olahraga (Gerak Kempo), program ini sebagai upaya peningkatan prestasi olah raga tanpa harus mengorbankan pendidikan dan nilai akademik. Caranya siswa akan mendapat penjadwalan belajar sesuai waktu yang dimiliki siswa serta pembelajaran secara on line. Dengan begitu maka proses belajar akademik tidak akan mengganggu proses pelatihan olahraga.

Selain itu terdapat pula program inovatif Pelayanan Tutor Keluarga (Pelatuk), program ini untuk memperkuat Program Klungkung Mengajar dalam meningkatkan rata rata lama sekolah. “ kami akan terus berupaya mempertajam program program pendidikan kami sehingga benar benar bermanfaat serta bisa menigkatkan kwalitas dan kwantitas pendidikan di Klungkung. (Humas Klungkung)