image image

Pemerintah Kabupaten Klungkung menggelar Apel Paripurna di Lapangan Puputan Klungkung

Kamis, 7 Januari 2019 | Klungkung News

Pemerintah Kabupaten Klungkung menggelar Apel Paripurna di Lapangan Puputan Klungkung. Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi sorotan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta selaku Pembina Apel. Seperti halnya pelaksanaan program kerja harus sudah dimulai dari awal tahun sesuai rencana kerja yang telah dirancang, agar tidak menumpuk diakhir tahun. Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diharapkan bisa menyiapkan dan melengkapi berkas yang dibutuhkan saat pemeriksaan BPK. “Mari kita evaluasi, mulat sarira apa yang sudah kita lakukan di tahun 2018 bisa lebih baik lagi ditahun 2019 ini,” ujar Suwirta. 
Pelaksanaan Apel dengan jumlah peserta yang lebih banyak dari sebelumnya juga mendapat apresiasi dari Bupati Suwirta. Penerapan tunjangan kinerja elektronil (e-Tukin) diharapkan tidak menjadi ukuran para ASN untuk menghadiri atau mengikuti suatu kegiatan. Tetapi pengabdian yang dilandasi kejujuran diharapkan selalu tertanam pada diri masing-masing pegawai. “Jangan karena e-Tukin atau hanya mengukur kegiatan dengan uang saja, tetapi harus dibarengi pengabdian dan kejujuran,” ucapnya. 
Sistem berkas e-Tukin yang pelaporannya menggunakan foto kegiatan tidaklah harus selalu melampirkan foto kegiatan, sehingga ASN tidak terlalu sering memainkan ponselnya. Agar jangan sampai niat baik para ASN dalam membuat laporan kegiatan malah menimbulkan persespsi negative dimasyarakat. 
Sejumlah pejabat yang sering keluar daerah juga menjadi sorotan Bupati. Seringnya melakukan kegiatan keluar daerah harus diimbangi dengan outcome dan output yang jelas, agar tidak terjadi pemborosan. Pihaknya pun meminta para pejabat tersebut untuk melaporkan kegiatannya selama dinas luar. (Humas Klungkung)