image image

Kertagosa

Kerta Gosa salah satu objek wisata yang terletak di tengah - tengah Kota Kabupaten KlungkungBali, kira-kira 40 km ke arah timur dari Denpasar. dengan melintasi by pass Prof Dr Ida Bagus Mantra. Lokasinya tepat di depan Kantor Bupati Kabupaten Klungkung.

Objek Wisata Kerta Gosa merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang menarik yang wajib untuk di kunjungi bersama keluarga tercinta. Tempat Wisata Kerta Gosa Bali menjadi rekomendasi tempat wisata di Bali untuk di kunjungi bersama anak - anak, kerabat serta keluarga tercinta anda. Karena tempat wisata Kerta Gosa ini memiliki nilai sejarah yang sangat kental untuk di ketahui oleh putra - putri anda saat berlibur di Bali. Mulai dari masa pemerintahan raja Klungkung sampai pada masa penjajahan jepang di Indonesia khususnya di Bali.

Tempat wisata Kerta Gosa Bali menjadi salah satu daya tarik objek wisata di KlungkungKerta Gosa sudah terkenal hingga ke mancanegara sehingga tempat wisata di Bali ini mampu menarik wisatawan asing setiap harinya. Tidak hanya itu, Objek wisata Kerta Gosa ini mulai menjadi tempat wisata favorit di Klungkung Bali yang tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Bangunan Kerta Gosa adalah bagian dari komplek bangunan kerajaan Klungkung, yang dibangun pada tahun 1686 oleh pemegang kekuasaan pertama yaitu Ida I Dewa Agung Jambe. Pada jaman dahulu Kerta Gosa adalah tempat diskusi mengenai situasi keamanan, keadilan dan kemakmuran wilayah kerajaan Bali, atau disebut dengan tempat pengadilan di Bali pada jaman dulu. Bale Kerta Gosa juga pernah berfungsi sebagai tempat sidang pengadilan pada masa penjajahan kolonial Belanda (1908-1942) dan pada masa penjajahan Jepang (1043-1945). yang sampai saat ini masih bisa kita lihat seperti peralatan dari bangunan Kerta Gosa ini seperti Kursi, Meja dan yang lainnya yang di ukir dan di hias dengan perada.

Kerta Gosa merupakan tempat wisata terbuka yang termasuk dari bangungan kerajaan Semarapura. Objek wisata Kerta Gosa terdiri dari dua buah bangunan (bale) yaitu Bale Kertagosa dan Bale Kambang. Disebut Bale Kambang karena bangunan ini dikelilingi kolam yaitu Taman Gili. Keunikan Kerta Gosa di Klungkung ini juga bangunan Bale Kambang ini adalah pada permukan plafon atau langit-langit bale ini dihiasi lukisan tradisional (gaya wayang) yang mengambarkan kasus yang disidangkan, serta jenis – jenis hukuman yang akan diterima, jika melakukan kesalahan. Fungsi dari kedua bangunan terkait erat dengan fungsi pendidikan lewat lukisan-lukisan wayang, kisahnya dipaparkan pada langit-langit bangunan.

Disamping itu lukisan –lukisan tersebut juga menceritakan hukum karma pahala atau akibat dari baik buruknya perbuatan manusia yang dilakukan selama hidupnya dan penjelmaan kembali kedunia untuk menebus semua dosa dari perbuatannya. Lukisan-lukisan wayang yang ada berada di langit-langi bangunan Kerta Gosa adalah merupakan hasil karya klasik gaya seni wayang Kamasan , bahkan sampai sekarang desa Kamasan masih melestarikan gaya seni lukis tradisional ini. Desa tersebut terletak 4 km sebelah Selatan kota Smarapura ini, perkembangan seni lukisnya memang diakui serta dicintai oleh raja Waturenggong yang memerintah Gelgel pada saat itu, sehingga warisan seni lukis dari jaman kerajaan tersebut masih bisa kita temukan di Kerta Gosa. Sebagai warisan budaya.