Bupati Suwirta Hadiri Ngusaba Sambah Pura Bale Agung Desa Adat Asak Karangasem

Bupati Suwirta Hadiri Ngusaba Sambah Pura Bale Agung Desa Adat Asak Karangasem

0
 Senin, 14 Oktober 2019 | 636

Bupati Suwirta Hadiri Ngusaba Sambah Pura Bale Agung Desa Adat Asak Karangasem

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta menghadiri upacara Karya Ngusaba Sambah di Pura Bale Agung Desa Adat Asak, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem, Senin (14/10). Kehadiran Bupati Suwirta disambut antusias oleh para prajuru adat, serta puluhan warga yang terdiri dari para lansia, ibu ibu PKK dan sekaa truna.
Bendesa Adat Asak,Jro Duku Ketut Suta mengatakan Pura Bale Agung Adat Asak diempon oleh tiga banjar yakni Banjar Kangin, Banjar Kawan, dan Banjar Tengah dengan jumlah 600 KK lebih. Untuk pelaksanaan Karya ini masing masing KK dikenakan iuran sebesar RP 400 ribu. Pihaknya sengaja mengundang Bupati Suwirta selaku pemimpin tertinggi dalam pemerintahan di Kabupaten Klungkung mengingat Klungkung merupakan pusat kebudayaan Bali di Pulau Bali.
Jro Duku Ketut Suta serta menceritakan, berdasarkan lontar Pangeling Eling yang diketemukan, Karya agung usaba sambah pernah dilaksanakan pada tahun 1822 atau 197 tahun yang lalu. Usaba Sambah kali ini digelar setelah mendapat pawisik di Pura Sad Kahyangan Lempuyang. Tujuannya adalah untuk mempersatukan prasasti lombok pagutan asak dengan prasasti asak. Puncak upacara telah dilaksanakan pada rahina purnamaning kapat (13/10)lusa. Sedangkan nyineb dilaksanakan pada rahina Purnama Kelima atau selama sebulan. Rencananya upacara yadnya ini akan digelar setiap 23 tahun sekali.
Kepada seluruh pengempon pura, Bupati Suwirta mengucapkan selamat melaksanakan upacara karya dan berharap semoga seluruh rangkaian upacara dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, dengan dilandasi rasa tulus iklas meyadnya. Dirinya juga bersyukur dapat bisa hadir dalam upacara besar ini.
Selain menghadiri upacara Ngusaba Sambah di Desa Adat Asak, Bupati Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta juga menyempatkan menghaturkan sembah bakti di Pura Penataran Gunung Kawi Desa Aan Kecamatan Banjarangkan. Selain melakukan persembahyangan, Bupati Suwirta juga turut menghaturkan punia sebagai wujud bakti kepada Ida Batara Sesuhunan yang berstana di masing masing pura.

SALAM GEMA SANTI