Cegah Penyebaran COVID-19, Bupati Suwirta Gelar Rapat Lewat Video Conference

Cegah Penyebaran COVID-19, Bupati Suwirta Gelar Rapat Lewat Video Conference

0
 Jum`at, 20 Maret 2020, 17:20 WIB | 45

Mencegah penyebaran wabah covid-19, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggelar rapat dengan sistem Video Conference dengan sejumlah OPD Pemkab Klungkung, Jumat (20/3/2020). Rapat tersebut membahas terkait harga dan ketersediaan sembako dan pencegahan wabah covid-19.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Klungkung Luh Ketut Ari Citrawati melaporkan bahwa dari hasil tinjauan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Klungkung, harga untuk sembako dan perlengkapan upacara serta buah-buahan lokal masih terpantau normal. Sedangkan untuk stok sembako, masih terpantau aman.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung I Nyoman Sucitra menyampaikan bahwa distribusi sembako ke Nusa Penida terpantau lancar. Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung Dr. Ni Made Adi Swapatni melaporkan bahwa besok, Sabtu (21/3) akan dilakukan penyemprotan Desinfektan di tempat-tempat umum, seperti Pasar Galiran, Pasar Kusamba, Terminal Galiran, dan Lapangan Puputan.

Terkait sembako, Bupati Suwirta menyampaikan agar TPID Klungkung dapat memberikan informasi valid kepada masyarakat Klungkung dan tetap memantau harga dan stok sembako baik di Klungkung daratan maupun di Nusa Penida serta memantau pendistribusian sembako ke Nusa Penida. “Berhati-hati dalam memberikan infromasi dan pastikan informasi yang diberikan merupakan informasi yang valid, agar tidak menyebabkan kepanikan bagi masyarakat Klungkung terkait sembako” pinta Bupati Suwirta kepada Tim TPID Kabupaten Klungkung.

Terkait Himbauan pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Bupati Suwirta meminta kepada semua OPD untuk dapat berperan aktif agar bisa meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Klungkung.
Lebih lanjut, Bupati Suwirta menyampaikan terkait penyemprotan desinfektan, agar dapat dilakukan secara berkala minimal 3 hari sekali yang dilakukan di tempat-tempat umum, seperti di pasar, terminal, tempat rekreasi, perkantoran, dan kepada pihak Swasta agar dapat membantu Pemda dengan melakukan penyemprotan di tempat yang dikelola secara mandiri.


Bupati Suwirta menambahkan bahwa Pemkab Klungkung kedepan akan menyiapkan obat antiseptic untuk membersihkan tangan dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan profil tank yang nantinya akan ditaruh di tempat-tempat umum. Untuk menyiapkan antiseptic tersebut, Bupati Suwirta mengajak para kepala OPD Pemkab Klungkung untuk menyisihkan pendapatan yang diperoleh untuk membeli peralatan dan bahan yang nanti akan digunakan dalam mempersiapkan obat desinfektan tersebut.#humasklk

SALAM GEMA SANTI