Kapal Roro NJA Benturan, 3 Daun Baling-baling Alami Perubahan Bentuk

Kapal Roro NJA Benturan, 3 Daun Baling-baling Alami Perubahan Bentuk

0
 Minggu, 18 Oktober 2020, 23:03 WIB | 10

Disela kunjungannya ke Nusa Penida, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengecek kondisi Kapal Roro Nusa Jaya Abadi (NJA), Minggu (18/10). Kondisi kapal saat itu sedang sandar dan tidak beroperasi. 
Dari data yang didapat, kapal Roro NJA pada hari Sabtu (17/10) sekitar pukul 16.10 Wita datang dari pelabuhan Padang Bai dan melakukan manuver masuk pelabuhan Nusa Penida. Kondisi di pelabuhan Nusa Penida, angin dan arus kencang dari arah buritan, tetapi begitu memasuki break water terjadi pertemuan arus yang membuat kapal terseret kearah ujung break water merah sehingga diupayakan melakukan maneuver menjauhkan kapal dari break water. Tetapi dengan tenaga yang dihasilkan kekuatan mesin untuk menahan atau menghindari arus yang begitu kuat, kapal mengalami benturan di buritan kiri dan seketika mesin kiri mengalami mati dan mesin bisa di start kembali dan kapal melakukan proses olah gerak untuk sandar. Setelah kapal sandar dan proses bongkar selesai dilakukan pengecekan dengan penyelaman. Dari hasil pengecekan itu diketemukan salah satu kemudi kiri patah dan 3 daun baling-baling kiri mengalami perubahan bentuk, yaitu daun baling-baling nomor 1 mengalami keriting dan sobek, daun baling-baling nomor 2 mengalami melengkung dan keriting ringan, daun baling-baling nomor 4 mengalami melengkung 40 persen dan keriting. Sementara daun baling-baling nomor 3 masih dalam kondisi layak. Namun disayangkan Kadis yang menangani belum melapor sampai sekarang.
Bupati Suwirta meminta dinas terkait segera melakukan koordinasi dan inventarisir terhadap sarana dan prasarana pelabuhan termasuk Kapal Roro NJA agar penanganannya bisa lebih cepat apabila terjadi kerusakan. "Harus dilakukan inventarisir menyeluruh, agar kerusakan yang ada dapat segera diperbaiki. Jangan menunggu kerusakan tambah parah, untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang dalam melakukan perjalanan laut,” ujar Bupati Suwirta. 

SALAM GEMA SANTI

Sumber: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Klungkung

Sunting: Gad Diskominfo