Kunjungi Bantuan Toyama, Bupati Suwirta Tugaskan Dinas PU Tangani Air Terbuang

Kunjungi Bantuan Toyama, Bupati Suwirta Tugaskan Dinas PU Tangani Air Terbuang

0
 Jum`at, 31 Januari 2020 | 196

Kunjungi Bantuan Toyama, Bupati Suwirta Tugaskan Dinas PU Tangani Air Terbuang

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta merancang mengangkat sumber air untuk menanggulangi kekurangan air disejumlah subak di Kecamatan Banjarangkan. Seperti halnya di Subak Sema Agung, Desa Tusan yang sudah mendapat bantuan mesin pengangkat air dari Kota Toyama, Jepang. Hal itu disampaikan Bupati Suwirta disela-sela mengunjungi pengoperasian bantuan tersebut, Jumat (31/1).
Menurut Bupati asal Nusa Ceningan ini, pihaknya telah menugaskan Dinas PU dan Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung untuk membuat perencanaan mencari sumber air yang bisa dinaikkan untuk mengairi persawahan. Pihaknya tidak mau sawah warga mengalami kekeringan, sementara disisi lain banyak air dari Tukad (Sungai) Bubuh dan Tukad Jinah yang ada di wilayah itu terbuang sia-sia kelaut. “Banyak potensi air yang bisa kita angkat airnya untuk pengairan. Dinas agar buat kajiannya,” sebutnya.
Sebelumnya, Subak Sema Agung Banjarangkan mendapat bantuan mesin pompa dari pemerintah Jepang untuk mengangkat air sungai yang lokasinya lebih rendah dari lahan persawahan. Bantuan itu diserahkan Walikota Toyama Jepang Masashi Mori bersama Konjen Jepang Chiba Hirohisa kepada krama subak setempat beberapa waktu lalu. Mesin pompa ini menggunakan tenaga panel surya. Pemanfaatan energy terbarukan ini memberi dampak yang besar sebagai model penciptaan masyarakat rendah karbon.
Kelian Subak Sema Agung Wayan Darta saat itu mengatakan sekitar 70 hektar lahan pertanian disini mengalami kesulitan mendapatkan air. Dimana debit air yang ada dialiran sawah sangat kecil, sehingga dibutuhkan mesin pompa untuk bisa mengangkat air disungai.

SALAM GEMA SANTI