Panen Varietas Padi M70D, Wabup Kasta : Hasil Ujicoba Memuaskan

Panen Varietas Padi M70D, Wabup Kasta : Hasil Ujicoba Memuaskan

0
 Kamis, 30 Maret 2023 | 2,119

Panen Varietas Padi M70D, Wabup Kasta : Hasil Ujicoba Memuaskan

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta yang juga selaku Pembina Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) melakukan panen padi varietas M70D di lahan demplot Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Banjarangkan, Kamis (30/3). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut kegiatan ujicoba penanaman padi varietas M70D dengan menggunakan pupuk organik pada beberapa waktu lalu.

Varietas padi M70D adalah salah satu varietas padi yang di kembangkan oleh HKTI melalui penangkaran benih tani. Padi varietas M70D bisa 4 kali panen tiap tahunnya karena masa tanam yang super singkat yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 80 hari.

Dalam ujicoba ini, secara simbolis Wabup Made Kasta melakukan panen padi seluas satu ubin (2,5m x 2,5m). Hasilnya cukup memuaskan karena hasil gabah yang diperoleh sebanyak 3kg. Hasil ini didapat meskipun banyak hama burung yang telah mencari makan di demplot ini.

"Hasil ujicoba tanaman padi ini memuaskan, meskipun banyak hama burung yang telah mencari makan ditempat ini, dengan masa tanam yang lumayan pendek, petani bisa meningkatkan hasil produksi mereka dengan padi varietas ini ," Ujar Wabup Kasta.

Salam Gema Santi