RAKOR Langkah Konkret Penanganan Inflasi Daerah Tahun 2023

RAKOR Langkah Konkret Penanganan Inflasi Daerah Tahun 2023

0
 Selasa, 24 Januari 2023 | 29

RAKOR Langkah Konkret Penanganan Inflasi Daerah Tahun 2023

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengikuti Rapat Koordinasi (RAKOR) Pembahasan Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah Tahun 2023 secara online diruang video conference kantor Bupati Klungkung, Selasa (24/1). Turut serta dalam RAKOR yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian ini, Asisten II Bidang Perekonomian DAN Pembangunan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kominfo serta perwakilan. OPD terkait.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan beberapa solusi dalam pengendalian inflasi daerah, diantaranya :

1. Peningkatan Kerjasama Antar Daerah dan Pusat. Diperlukan dalam rangka pemecahan solusi apabila terjadi kekurangan pasokan, sehingga dapat segera mendatangkan pasokan dari daerah penghasil dalam rangka menstabilkan pasokan di pasar

2. Pelaksanaan Operasi Pasar merupakan upaya dalam mejurunkan harga dan merupakan solusi jangka pendek. Namun dalam pelaksanaan membutuhkan dukungan pembiayaan, karena umumnya digunakan dengan mekanisme subsidi dengan menjual barang dengan harga dibawah biaya produksi.

3. Pembenan bantuan sosial dan subsidi ongkos produksi. Sebagai bantalan untuk meredam efek inflasi bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Subsidi ongkos produksi diharapkan mampu menekan biaya produksi yang muaranya pada penurunan harga jual

4. Penguatan pasokan dan sidak harga untuk mengantisipasi kenaikan infiasi pada beberapa komoditas yang berpeluang menyumbang inflasi di tahun 2023 seperti beras, cabai dan bawang merah.

5. Mengintensifkan komunikasi kebijakan kenaikan tarif PDAM untuk men'aga ekspektasi inflasi masyarakat dan meemastikan tidak berdampak pada kenaikan harga komoditas lan. Kenaikan Administered Prices (AP) yang kewenangannya ada di Pemerintah Kabupaten/Kota dapat didiskusikan melalui TPID. Kenaikan dapat bergantian antar Kabupaten/Kota dan tingkat kenakan harga dapat dilakukan secara bertahap (tidak satu kali penyesuaian) sehingga dapat menahan dampak tingginya inflasi.

Salam Gema Santi