Semarapura Kaja Wakili Klungkung Dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018

Semarapura Kaja Wakili Klungkung Dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018

0
 Selasa, 10 April 2018 | 748

Kelurahan Semarapura Kaja, Kecamatan Klungkung mewakili Kabupaten Klungkung dalam perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018. Acara penilaian oleh tim penilai Provinsi Bali dilaksanakan Senin (9/4/2018). Hadir dalam kegiatan tersebut Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugia bersama Ny. Putriasih Sugiada, Camat Klungkung I Komang Gede Wisnuadi, Lurah Semarapura Kaja I Wayan Astawa, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Klungkung, Kepala Perangkat Daerah (KPD) serta undangan terkait.

Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada menyampaikan, pembangunan Kelurahan merupakan bagian integral dari pembangunan Nasional, yang dilaksanakan oleh masyarakat bersama Pemerintah dalam mewujudkan tujuan nasional yakni masyarakat adil, makmur dan sejahtera. “Untuk mencapai itu semua, upaya pemberdayaan masyarakat menjadi sangat penting,” ujar Pjs Bupati Sugiada.

Pjs Bupati Sugiada berharap kepada masyarakat agar perlombaan kelurahan ini bisa dijadikan wadah peningkatan kapasitas lembaga pemerintah kelurahan, khususnya dalam penataan admistratif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Melalui kegiatan perlombaan kelurahan ini juga diharapkan mampu terus mendorong dan menggalakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sesuai dengan potensi dan sumber daya yang ada. “Jadikanlah perlombaan ini sebagai upaya dalam meningkatkan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kelurahan,” harapnya.

Ketua Tim Penilai Perlombaan Kelurahan I Ketut Lihadnyana menyampaikan, perlombaan Kelurahan sebagai upaya untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat, mendorong penguatan peran lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan. Selain itu, perlombaan ini juga untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat kelurahan atas prestasi yang telah diraih dalam proses pemerintahan dan partisipasi dalam pembangunan serta inovasi-inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ada tiga bidang yang dinilai dalam perlombaan ini. Diantaranya Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, dan Bidang Kemasyarakatan. “Perlombaan jangan dijadikan beban, tetapi lebih dimaknai sebagai langkah-langkah konkrit untuk mengadakan perbaikan-perbaikan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” papar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Bali ini.

Lurah Semarapura Kaja I Wayan Astawa dalam laporannya menyampaikan, Kelurahan Semarapura Kaja terdiri dari dua Desa Pekraman yakni, Desa Pekraman Besang Kangin dan Desa Pekraman Besang Kawan Toh Jiwa. Untuk luas wilayahnya yakni 74,20 Ha, dengan total penduduk berjumlah 2.214 jiwa. Kondisi geografis Kelurahan Semarapura Kaja berada di dataran rendah dengan batas wilayah sebelah utara Desa Akah, sebelah timur Kelurahan Semarapura Tengah, sebelah selatan Kelurahan Semarapura Tengah, dan sebelah barat adalah Desa Manduang. Untuk Kelurahan Semarapura Kaja pihaknya menyampaikan beberapa program yang sudah berjalan diantaranya peningkatan kepemilikan jamban menjadi 100% untuk seluruh kk, inovasi puskesmas pembantu yaitu Saka Sakti (sapa keluarga sehat kerjakan dengan hati) dari upaya tersebut pada tahun 2017 Kelurahan Semarapura Kaja berhasil meraih sertifikat keberhasilan mewujudkan desa bebas buang air sembarangan. perkembangan di tingkat kelurahan akan berhasil dengan efektif bila terjadi sinergitas antara ketesediaan fasilitas serta dukungan yang diberikan oleh pemerintah dan partisipasi masyrakat yang aktif. Dengan adanya kegiatan lomba seperti ini Astawa berharap seluruh komponen masyarakat di Kelurahan Semarapura Kaja bergotong royong dalam pembangunan dan memajukan Semarapura Kaja agar menjadi lebih baik kedepan. (Humas Klungkung)