Tinjau Longsor di Getakan, Bupati Suwirta Himbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Tinjau Longsor di Getakan, Bupati Suwirta Himbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

0
 Sabtu, 16 Januari 2021 | 306

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meninjau musibah longsor yang menimpa sebuah Pura di Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan, Sabtu (16/1). Perbekel Desa Getakan, Cokorda Putra Parwata melaporkan, tembok senderan yang berada disisi utara Pura Pasek Getakan setinggi 8 meter dan panjang sekitar 15 meter roboh ke arah jalan saat terjadi hujan lebat pada Jumat (15/1) dini hari sekitar pukul 00.00 wita.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini, namun jalanan sempat tertimbun material longsor. Longsor juga mengakibatkan kabel jaringan milik Telkom terputus. Tidak hanya tembok senderan disisi utara, longsor juga terjadi disisi timur pura yang mengakibatkan banyak pepohonan tumbang ke jurang dan hampir menutupi jalan. Supaya tidak mengganggu arus lalulintas menuju Desa Bakas, Perbekel menggerakkan warganya bergotong royong membersihkan material longsor pada Jumat (15/1) siang. “Setelah malamnya terjadi longsor, paginya kami bersama warga Desa Getakan bergotong royong membersihkan material longsor yang menutupi jalan penghubung ke Desa Bakas,” ujar Perbekel Desa Getakan, Cokorda Putra Parwata.

Mendapati jalanan disekitar lokasi masih terdapat material longsoran yang bisa membahayakan pengguna jalan, Bupati Suwirta lantas berinisiatif menerjunkan alat berat dari Dinas PU PRPKP untuk membersihkan sisa-sisa material longsor yang terdiri dari bongkahan tembok senderan dan tanah. Menurut Bupati, di tahun 2022 akan disiapkan perencanaan, mengingat untuk tahun 2021 sudah tidak memungkinkan. Bantuan bisa berupa hibah kepada Pura atau Pemerintah Daerah melalui Dinas PU PRPKP akan mengerjakan Dinding Penahan tanah (DPT). Kepada masyarakat yang tinggal disekitar tebing, dimusim penghujan ini Bupati Suwirta mengingatkan untuk selalu waspada, bila diperlukan supaya pindah sementara ke tempat yang lebih aman.

SALAM GEMA SANTI

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Klungkung