Upacara Mendem Dasar di Pura Kahyangan Desa (Pura Taman), Desa Lembongan

Upacara Mendem Dasar di Pura Kahyangan Desa (Pura Taman), Desa Lembongan

0
 Minggu, 15 Mei 2022 | 12

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny Ayu Suwirta menghadiri upacara mendem dasar di Pura Kahyangan Desa (Pura Taman), Desa Lembongan, Minggu (15/5). Diawali dengan persembahyangan bersama, ritual mendem dasar atau peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Perbekel Desa Lembongan Gede Arjaya dan Prajuru di lokasi pembangunan pelinggih Gedong. Tidak hanya Gedong, pembangunan secara bertahap juga akan dilakukan pada Bale Piasan, Tembok Penyengker dan candi bentar pura.

Pembangunan pura yang diempon oleh warga Br.Adat Kaja dan Br. Adat Ceningan Tengah ini menggunakan dana hibah dari Pemerintah Daerah.

"Keseimbangan parahyangan, pawongan dan palemahan supaya berjalan. Pembangunan sarana akomodasi pariwisata supaya diimbangi dengan pembangunan tempat suci. Pembangunan yang sudah dilakukan Pemda juga supaya patut disyukuri. Contohnya penataan destinasi wisata yang gencar dilakukan saat ini, diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan yang nantinya berimbas pada peningkatan dana BKK untuk desa adat. Mari satukan semangat dalam membangun Desa. Adat maupun Dinas harus senantiasa bersatu dan jangan ada yang merasa diri lebih tinggi, karena hanya akan menghambat pembangunan di desa." ujar Bupati Suwirta.

Salam Gema Santi.