Wabup Kasta Apresiasi Target Capaian Peningkatan Jalan Desa Batukandik Nusa Penida

Wabup Kasta Apresiasi Target Capaian Peningkatan Jalan Desa Batukandik Nusa Penida

0
 Kamis, 19 Mei 2022 | 24

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta mengapresiasi target capaian pengerjaan peningkatan jalan di Desa Batukandik, Kecamatan Nusa Penida. Hal itu disampaikan saat monitoring yang dilakukan bersama Kadis PUPRPKP, Made Jati Laksana, Camat Nusa Penida, Komang Widyasa Putra, OPD terkait dan perangkat desa setempat, Kamis (19/5).

Dalam tinjauannya, Wabup Kasta mengapresiasi progres pengerjaan peningkatan jalan pertigaan Banjar Bingin ke Batukandik, sepanjang kurang lebih 1,8 kilometer, lebar 3,5 meter. Proyek dengan nilai kontrak Rp 2,6 Milyar dengan waktu pengerjaan 150 hari, sampai hari ini capaiannya telah melebihi target dari sebelumnya direncanakan 3% kini sudah tercapai sebesar 5%.

“Terima kasih saya sampaikan, peningkatan jalan ini telah terlihat progresnya, mohon dipertahankan capaiannya agar selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan dan hasilnya nanti sesuai dengan yang kita harapkan, sehingga jalannya dapat cepat digunakan oleh masyarakat,” ujar Wabup Kasta.

Prebekel Desa Batukandik, Wayan Katon menyampaikan peningkatan jalan ini disambut sangat baik oleh masyarakatnya, dan tidak ada kendala berarti dalam proses awal peningkatan jalan ini.

“Saya sebagai prebekel sangat berterima kasih dengan adanya peningkatan ini dapat menjadi penghubung akses jalan untuk akses pendidikan, pariwisata, ekonomi dan pertanian juga. Saya harap pemda terus mengawal kegiatan ini sampai tuntas, komitemen dan harapan kami agar peningkatan jalan ini dapat berjalan lancar,”ujar Wayan Katon

Selanjutnya, Wabup Kasta meninjau kegiatan TMMD dalam pengadaan sewa alat dan material untuk pembangunan jalan di Desa Batukandik, Desa Bunga Mekar dan Desa Sakti.

Kegiatan TMMD di Desa Batukandik dilakukan pembukaan jalan sepanjang 1.132 meter dengan lebar jalan 6 meter, menghubungkan Dusun Sukun dengan Dusun Antapan. Keberadaan jalan ini nantinya diharapkan bisa mempercepat akses jalan bagi siswa SD N 5 Batukandik yang berada di Dusun Sukun.

Di Desa Bunga Mekar, dilakukan pembukaan jalan sepanjang 1.542 meter dengan lebar 6 meter yang difungsikan untuk akses pariwisata ke objek wisata Crystal Bay dan Pura Penida. Pembukaan jalan ini dapat mempercepat perjalanan yang sekiranya menghabiskan waktu 25 menit menjadi hanya 10 menit.

Peninjauan diakhiri Wabup Kasta di Desa Sakti dengan meninjau kegiatan TMMD, berupa pengerjaan betonisasi jalan sepanjang 500 meter dengan lebar 3 meter. Proyek ini sudah berjalan sesuai rencana, dengan melibatkan 150 personil dan dijadwalkan selesai pada tanggal 9 Juni 2022 mendatang.

SALAM GEMA SANTI