Wabup Kasta Melaksanakan Monev Pemdes Terakhir di Kecamatan Nusa Penida

Wabup Kasta Melaksanakan Monev Pemdes Terakhir di Kecamatan Nusa Penida

0
 Rabu, 23 Oktober 2019 | 315

Wakil Bupati Klungkung Made Kasta didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung Ida Bagus Ketut Mas Ananda, beserta tim Monev Pemerintah Desa Kabupaten Klungkung, mengadakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi di Kecamatan Nusa Penida pada hari Rabu (23/10/2019).

Pada Kecamatan Nusa Penida Kegiatan Monev Pemdes diadakan di Kantor Perbekel Desa Klumpu dan di Kantor Perbekel Desa Bunga Mekar dimana kedua Desa ini dijadikan sebagai Desa sample dalam hal Penyelenggaraan Pemerintahan Desa untuk wilayah Kecamatan Nusa Penida.

Kegiatan Monev meliputi pengecekan dan Pembinaan dilakukan pada empat bidang, yakni Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Kemasyarakatan, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa dan Bidang Pemberdayaan Desa yang dilaksanakan pada dua Desa yang dijadikan Sample dalam kegiatan Monev, hal yang dimonitoring dan evaluasi pemerintahan Desa adalah kegiatan-kegiatan baik yang sudah ataupun yang akan dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku erat kaitannya dengan pelaksanaan Pemerintahan Desa.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua tim Monev mengingatkan kepada Perbekel dan Perangkat Desa beberapa hal terkait kegiatan Monev Pemdes diantaranya, satu, agar dalam membuat aturan yang akan diterapkan di Desa masing-masing, dapat menggunakan dasar peraturan yang sudah ada, kedua, Perbekel dan Perangkat Desa agar dapat memahami aturan-aturan yang berlaku dalam menjalankan Pemerintahan di Desa.

Ketiga, agar organisasi - organisasi masyarakat yang berada di desa, sudah memiliki SK, keempat, perbekel dan perangkat desa bisa memberdayakan antara masyarakat di desa masing-masing, dan lain sebagainya. Hal tersebut bertujuan agar dalam pelaksanaannya, Pemerintahan Desa dapat berjalan dengan baik.

“Perangkat Desa pada Masing-masing bidang agar dapat memanfaatkan sebaik mungkin kegiatan monev pemerintahan Desa yang dilakukan tim monev Pemerintah Desa dari Pemkab Klungkung dengan baik,” ujar Wabup Kasta. #humasprotokolklk

SALAM GEMA SANTI