Wakil Bupati Klungkung menghadiri Upacara Karya Mecaru Banjar Sangging di Desa Adat Akah

Wakil Bupati Klungkung menghadiri Upacara Karya Mecaru Banjar Sangging di Desa Adat Akah

0
 Kamis, 07 November 2019, 08:32 WIB | 18

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Ny. Sri Kasta menghadiri Upacara Karya Mecaru, Melaspas Mepedagingan, Masupati Pralingga lan Ngingkup di Pura Paibon Sira Arya Kenceng Banjar Sangging Desa Adat Akah Kecamatan Klungkung, Rabu (6/11). Upacara ini merupakan rangkaian dari Upacara Mamungkah, Mapedagingan, Ngenteg Linggih yang puncaknya akan dilaksanakan pada Rahina Purnamaning Sasih Kalima, 12 November nanti.

Wabup Made Kasta yang juga selaku tokoh masyarakat setempat mengatakan tujuan dari pelaksanaan Karya ini adalah untuk mensucikan kembali sejumlah pelinggih yang baru selesai dibangun dan seluruh areal padmasana, sehingga ketentraman dan kerahayuan yang berlandaskan konsep Tri Hita Karana tetap terjaga. Selain itu dengan pelaksanaan upacara yang dilakukan dengan gotong royong, diharapkan akan dapat mempererat rasa kekeluargaan seluruh pengempon pura. Selaku perwakilan Pemda Klungkung, Wabup Kasta turut menghaturkan punia sebagai wujud bakti kepada Ida Batara yang berstana di pura tersebut.

Sementara itu, Upacara yang digelar pada Rahina Buda Kliwon Ugu, Rabu (6/11) yakni Mendem Pedagingan yang diawali dengan prosesi Melaspas, Mecaru dan Masupati Pralingga. Rangkaian Upacara siang itu dipuput oleh tiga Sulinggih yakni Ida Pedanda Ketut Kerkeran dari Griya Bajing, Ida Pedanda Gd Wayan Jelantik Pradnya Putra dari Griya Wanasari Talibeng dan Ida Pendanda Gde Batuaji Griya Batuaji Akah.#humasprotokolklk

Dumogi memargi antar...

SALAM GEMA SANTI