Wakil bupati Made Kasta Terima Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai

Wakil bupati Made Kasta Terima Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai

0
 Kamis, 14 November 2019 | 631

Kirab panji panji dan surat sakti pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai akhirnya tiba di Kabupaten Klungkung, Kamis (14/11). Upacara serah terima dilaksanakan di lapangan Puputan Klungkung, selaku inspektur upacara Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta serta dihadiri oleh Wakil Bupati Karangasem Wayan Arta Dipa, Ida Dalem Semaraputra, para veteran, organisasi kemasyarakatan, ASN dan pejabat dilingkungan Pemkab Klungkung dan TNI.
Dalam upacara tersebut diisi dengan pembacaaan surat Kapten JBT Konig dan Pimpinan Dewan Perjuangan Bali I Gusti Ngurah Rai. Sedangkan acara serah terima ditandai dengan penanda tanganan naskah serah terima oleh Wabup Made Kasta dan masing masing pemimpin pasukan inti pembawa panji dan surat sakti.
Seusai upacara, Wakil Bupati Made Kasta selanjutnya melepas Panji-Panji dan Surat Sakti di depan Puri Agung Klungkung untuk kemudian diarak keliling Kota Klungkung. Pada malah hari Panji-Panji dan Surat Sakti disemayamkan di Balai Budaya I Dewa Agung Istri Kanya.
Dalam wawancaranya, Wabup Made Kasta mengatakan semangat perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan utamanya I Gusti ngurah Rai ini diharapkan dapat menjadi inspirasi para generasi muda, generasi penerus bangsa. Untuk bersama sama berjuang bahu-membahu mengisi kemerdekaan dengan turut serta melakukan pembangunan di segala bidang.
Sementara itu, Ketua panitia kirab Ngurah Ambara mengatakan kegiatan kirab ini bertujuan untuk mengenang perjuangan salah satu Pahlawan Nasional yang berasal dari Bali yakni I Gusti Ngurah Rai. Kirab napak tilas awalnya dilepas Gubernur Bali wayan Koster pada 10 November lalu. Sebelumnya Kirab panji panji dan surat sakti telah melalui kabupaten Jembrana, Buleleng dan Karangasem. Melalui kegiatan ini diharapkan akan dapat meningkatkan nilai patriotisme dan persatuan seluruh masyarakat utamanya para generasi muda dalam mendukung pembangunan nasional. Setelah dilakukab kirab, Panji panji dan surat sakti pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai selanjutnya akan di semayamkan di balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya.#humasprotokolklk

SALAM GEMA SANTI