Bupati Suwirta Hadiri Ngaben Massal Desa Batu Kandik Nusa Penida

  • 13 Oktober 2017
  • Dibaca: 240 Pengunjung
Bupati Suwirta Hadiri Ngaben Massal Desa Batu Kandik Nusa Penida

Pelaksanaan Pitra Yadnya/Ngaben yang dilakukan secara massal dan bergotong royong oleh masyarakat Dusun Dungkap II Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida  Klungkung mendapat apresiasi dari Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

“ Upacara ngabenPitra Yadnya / Ngaben yang dilakukan secara massal dan bergotong royong tidak akan mengurangi nilai dan maknanya, dengan ngaben massal maka akan dapat meringankan beban umat mengingat biaya untuk upacara pengabenan saat ini cukup tinggi,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat hadir ditengah tengah warga Dusun Dungkap II yang sedang mempersiapkan upacara itu, Kamis (12/10/2017).

Bupati asal Nusa Ceningan itu juga menambahkan, pelaksanaan upacara Pitra Yadnya dan rangkaiannya bagi arwah leluhur merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Hindu di Bali sebagai bentuk bhakti, penghormatan dan membayar utang sebagai anak yang telah dibesarkan para leluhur sesuai ajaran Tri Hita Karana.Untuk itu dirinya menambahkan supaya seluruh warga untuk terus beryadnya secara tulus ikhlas.  

Ditengah gencarnya pembangunan infrastruktur di Nusa Penida, Bupati asal Nusa Ceningan menghimbau seluruh warga untuk bijak dalam menggunakan media social. Bupati mengajak untuk bersama sama mengawasi jalannya pembangunan serta tidak mengunggah hujatan hujatan yang hanya akan menjadi bumerang bagi lambatnya pembangunan di Nusa Penida.  

Sementara itu Ketut Paing yang merupakan ketua panitia ngaben mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Suwirta. Ngaben massal merupakan upacara rutin yang digelar di desanya setiap sepuluh tahun sekali. Ngaben massal tahun ini diikuti 20 sawa dimana masing masing sawa dikenakan biaya sebesar Rp 20 juta. Puncak upacara ngaben akan dilaksanakan pada tanggal (15/10/2017), dilanjutkan upacara ngeroras pada tanggal 18/10/2017. (DiskominfoKlk)

Komentar Anda

Berita Terkait Lainnya

Berita Lainnya