Dari Mimbar Aspirasi Gema Santi, Masyarakat Usulkan Produk Lokal Untuk Konsumsi

  • 31 Juli 2016
  • Dibaca: 683 Pengunjung
Dari Mimbar Aspirasi Gema Santi, Masyarakat Usulkan Produk Lokal Untuk Konsumsi

Mimbar Aspirasi Gema Santi (MAGS) yang digagas oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, ternyata mampu menggugah minat masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya. Seperti dalam  MAGS yang digelar pada hari Minggu, 31 Juli 2016, beberapa ide dan aspirasi segar dari masyarakat pun berhasil terangkat ke permukaan dan diserap oleh Bupati Klungkung dan jajarannya.

Seperti biasa, acara MAGS ini diplot dalam dua termin dan masing-masing termin terdiri atas empat penanya. Pada kesempatan pertama, AA Gde Raka dari Paksebali menyoroti toilet di Balai Budaya yang tanpa kunci dan lampu, ornament dan lukisan di Kerta Gosa yang rusak serta ruas jalan di pasar burung yang perlu diperbaiki.  Kerusakan toilet ini juga disoroti oleh Kadek Adiantara.

I Komang Widana yang tampil pada kesempatan kedua mengusulkan penggunaan bahan-bahan lokal untuk konsumsi dalam rapat-rapat pemerintah kabupaten dan diupayakan agar menggunakan bungkus non kertas dan plastic (menggunakan daun pisang). Sedangkan pembicara keempat, Ketut Murti dari desa Pikat meminta agar Pemkab memperbaiki rambu lalu lintas di desa Pikat dan Pundukdawa.

Keempat pertanyaan ini ditanggapi secara bergantian oleh Bupati Klungkung dan Sekda Klungkung I Gde Putu Winastra. Dalam jawabannya, Bupati menyampaikan bahwa terkait dengan penggunaan produk lokal seperti kacang, ketela dan pisang rebus akan segera diterapkan mulai 1 September 2016. Bungkusnya pun akan diupayakan menggunakan daun pisang untuk mengurangi penggunaan kertas dan plastik.

Pada termin kedua, tampil beberapa peyampai aspirasi seperti Ketut Sugiana, Ketut Septiani, Ketut Sudarsini dan Yan De yang menyoroti masalah penggunaan media sosial, masalah kuliner Klungkung, masalah sampah serta permasalahan pasar di d. esa Paksebali. Semua pertanyaan inipun dijawab dengan lugas oleh Bupati Klungkung 

Komentar Anda

Berita Gema Santi Terkait Lainnya

Cari Berita Gema Santi Lainnya