Wujud Program Aksi Kawi Smara, Bupati Suwirta Serahkan Akta Perkawinan

  • 29 Desember 2016
  • Dibaca: 490 Pengunjung
Wujud Program Aksi Kawi Smara, Bupati Suwirta Serahkan Akta Perkawinan

Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Klungkung  (Disdukcapil ) yang sebelumnya mengeluarkan program  Gema Santi Bela Nanda dan Caling Tanduk,  kali ini Disdukcapil kabupaten Klungkung mengeluarkan   program Inovatif terbarunya yang diberi nama KAWI SMARA. Pada kesempatan itu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Disdukcapil, I Komang Darma Suyasa, Perbekel Desa Paksebali I Putu Ariadi, menyerahkan Akta Perkawinan kepada  pasangan pengantin, Rabu (28/12) bertempat di Puri Satria Kawan, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan.

Bupati Suwirta beserta Ny Ayu Suwirta yang hadir  pada kesempatan  itu sekaligus menyerahkan secara  langsung akta perkawinan kepada pasangan Pengantin ,Anak Agung Gede Bagus Dwi Ngurah Susila Putra dan Dewa Ayu Priti Ariesta . Bupati sangat mengapresiasi program inovatif KAWI SMARA tersebut di mana ditengah- tengah  kesibukan mereka mempersiapkan pernikahan,   bisa hadir membantu mempercepat proses pembuatan akta perkawinan mereka, ini adalah komitmen Pemkab Klungkung membuat inovasi di bidang pelayanan masyarakat.

Lebih lanjut Bupati Suwirta juga berharap program ini agar benar -  benar dimanfaatkan, mengingat hal ini sering disepelekan hingga akhirnya lupa "setelah  punya anak, dan perlu akta kelahiran anak, baru sibuk mengurus" , imbuhnya.  Bupati lebih lanjut menghimbau agar warga masyarakat mulai sekarang harus tertib pendataan penduduknya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Klungkung I Komang Dharma Suyasa,SH,MAP menyampaikan  ini merupakan salah satu program unggulan dari Disdukcapil. Dengan program ini akan  membantu mempermudah dan mempercepat  pelayanan bagi masyarakat yang akan mengurus akta perkawinan yang tentunya dengan syarat minimal lima (5) hari sebelum pernikahan para pemohon atau pasangan yang akan  menikah agar mengisi/melengkapi syarat - syarat sesuai dengan ketentuan melalui Disdukcapil Klungkung dan selanjutnya  akan diberikan langsung  pada saat acara pernikahan. Dharma Suyasa pun  menambahkan mengingat masyarakat masih banyak yang belum  mengetahui program ini, pihaknya akan segera mengadakan sosialisasi dengan aparat desa dan yang terkait walaupun sebelumnya sudah disosialisasikan melalui media sosial .(Humasklk/pur).

Komentar Anda

Berita Gema Santi Terkait Lainnya

Cari Berita Gema Santi Lainnya